11 Resep untuk membasmi kutu rambut beserta telornya

Gambar: bangka.tribunnews.com

Kutu rambut (dalam bahasa jawa di kampung saya namanya "tumo"). Adalah semacam parasit kecil yang terdapat di kepala manusia dan mampu menghisap darah di kepala. Dan juga bisa bertelur di kepala, telur kutu rambut biasanya terdapat di bagian pangkal rambut.

Kutu rambut ini bisa menular dengan mudah dengan orang yang di dekatnya. Biasanya mereka yang tinggal serumah dengan orang yang berkutu rambut. Karena biasanya yang tinggal serumah lebih sering terjadi kontak langsung melalui beberapa hal aktifitas misalnya:
Tidur bersama, memakai handuk yang sama dan kontak langsung antar kepala.

Maka jika ingin tidak tertulari kutu rambut sebaiknya
hindari kontak langsung antar kepala, menggunakan benda-benda kepunyaan sendiri meliputi pakaian, topi, jepit rambut, handuk, bantal, sisir, dan kasur.

Gejala bagi seseorang yang pada kepalanya dijangkiti kutu rambut adalah timbulnya rasa gatal-gatal di kulit kepala, kuping, dan leher. Rasa gatal ini disebabkan oleh air liur kutu yang menyebabkan reaksi alergi pada kulit kepala.

Di sini saya akan berbagi beberapa resep untuk menghilangkan kutu rambut. Silahkan pilih dari cara yang mana yang kira-kira kamu mudah mendapatkan bahan untuk menghilangkan kutu rambut.

Resep dan cara menghilangkan kutu rambut


1. Hilangkan kutu rambut dan telurnya dengan sisir serit

Cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat yang pertama adalah menggunakan sisir serit. Anda bisa dengan mudah membelinya di toko yang menjual alat-alat kosmetik.

Pilihlah sisir serit yang memiliki jarak antar gigi sekitar 0,2 mm, semakin sempit gigi sisir serit tersebut maka makin cepat dan efektif dalam menghilangkan kutu beserta telurnya.Sebelum menggunakan sisir serit, basahi dulu rambut Anda. Karena rambut yang basah akan memperlambat gerakan kutu di kulit kepala, kondisi rambut juga membuat kutu jadi lebih mudah terlihat.Lakukan menyisir rambut dengan sisir serit selama empat hari sekali hingga kutu benar-benar hilang dari kulit kepala Anda.

2. Asam Cuka

Sifat asam dari cuka mampu untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya dengan cepat. Namun karena sifatnya yang sangat asam, sebaiknya gunakanlah dengan hati-hati agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit kepala Anda. Bila perlu tambahkan sedikit air untuk mengurangi keasamannya.

Caranya :

2 sdm cuka2 sdm minyak kelapaCampurlah kedua cairan tersebut sampai merataOleskan pada kulit kepala sebelum tidur.Gunakan penutup kepala (shower cap) dan tidurlah, sambil mendiamkannya sampai besok pagi.Setelah bangun dari tidur, keramasilah rambut anda dengan menggunakan shampoo.

3. minyak zaitun

Berikutnya cara menghilangkan telur kutu di rambut panjang adalah menggunakan minyak zaitun.
Caranya :

Keramaslah dulu sampai rambut Anda bersih, lalu keringkan dengan handuk.Oleskan minyak zaitun pada kulit kepala Anda dan pijatlah dengan lembut.Gunakan penutup kepala (shower cap), dan tidurlah sambil mendiamkannya sampai besok pagi.Setelah bangun dari tidur, keramasilah rambut anda dengan menggunakan shampoo.

4. Mayonnaise

Biasanya kita menggunakan mayonnaise sebagai saus pelengkap makanan, namun ternyata mayonnaise juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu rambut secara alami dan permanen.

Caranya :

Siapkan mayonnaise secukupnya.Oleskan pada kulit kepala dan pijit-pijit dengan lembut sampai merata..Gunakan shower cap untuk menutup rambut anda.Biarkan dulu sekitar 5 sampai 6 jam.Keramasilah rambut anda dengan shampoo.Setelah mengeringkan rambut, sisirlah rambut Anda menggunakan sisir serit agar benar-benar bersih.

5. Lemon

Karena buah lemon juga memiliki kandungan asam yang tinggi sama seperti pada cuka asam, maka Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan kutu rambut dengan cepat dan lebih aman.

Caranya :

2 buah lemon dipotong, kemudian peras airnya.Sediakan air sebanyak 100ml.Campurkan ke 2 bahan di atas hingga merata.Teteskan cairan tersebut pada kulit kepala lalu pijit-pijit selama 5 sampai 10 menit.Biarkan selama 30 sampai 40 menitKeramasilah rambut Anda dengan air hangat.

6. Mouth Wash

Mouth Wash adalah obat kumur yang biasa dipakai sesudah menyikat gigi. Namun ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya. Begini caranya :

Tuangkan obat kumur secukupnya pada telapak tangan Anda.Oleskan dan pijit-pijit dengan lembut pada kulit kepala sampai merata.Tutup kepala Anda dengan menggunakan shower cap.Biarkan dulu selama 2 jam.Keramasilah rambut anda dengan air bersih.

7. Alkohol

Alkohol dengan kadar 70 persen bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan telur kutu rambut. Karena senyawa isoprofil yang ada pada alkohol mampu membasmi kutu rambut dan telurnya.
Yang perlu diperhatikan adalah, jangan menggunakan cara ini bila kulit kepala Anda sedang terluka. Alkohol akan membuat kulit kepala yang terluka terasa perih. Untuk mencegah kulit kepala mengalami iritasi cukup lakukan perawatan ini 1 kali dalam seminggu.

Caranya adalah :

Tuangkan alkohol secukupnya pada telapak tangan Anda.Oleskan alkohol pada kulit kepala Anda dan pijit-pijit dengan lembut.Biarkan sejenak selama 20 sampai 30 menit.Gunakanlah sisir serit untuk menyisir rambut Anda.Maka kutu rambut dan telurnya akan berjatuhan.Keramasilah rambut dengan air dingin hingga bersih.

8. bawang putih

Bawang putih sebagai salah satu bahan utama untuk memasak di Indonesia. Memang terkenal karena mempunyai banyak manfaat, termasuk untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut adalah cara menghilangkan kutu rambut secara alami menggunakan bawang putih :

Siapkan 10 siung bawang putih.Masukkan ke dalam blender dan giling hingga halus.Siapkan 3 sdt air jeruk nipis. Kemudian campurkan.Oleskan pada kulit kepala hingga merata.Gunakan shower cap untuk menutup rambut anda.Biarkan selama 30 menit..Keramasilah rambut Anda hingga bersih.

9. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh yang mampu untuk menghilangkan kutu di rambut panjang. Juga mengandung Vitamin E yang mampu menyehatkan dan melembutkan rambut Anda. Cara alami menghilangkan kutu rambut dengan minyak kelapa adalah sebagai berikut :

Siapkan 2 sdm minyak kelapa lalu hangatkan sebentar.Oleskan minyak kelapa pada kulit kepala dan pijatlah dengan lembut selama kurang lebih 15 menit.Pasang penutup rambut pada kepala dan tidurlah, sambil mendiamkannya sampai besok pagi.Setelah bangun dari tidur, keramasilah rambut anda dengan menggunakan shampoo.

10. Bawang merah

Cara memakainya:

Haluskan bawang merah kemudian oleskan pada kulit kepala sambil di pijit-pijit. Diamkan beberapa menit kemudian basuh/cuci rambut hingga bersih.

11. Bawang merah dan minyak kelapa

Caranya:
Haluskan bawang merah dan camprkan minyak kelapa secukupnya. Lalu oleskan pada kulit kepala dengan memijit-mijitkanya. Kemudian diamkan beberapa menit. Jika terasa perih, tahan sebentar. Setelsh itu cuci rambut hingga bersih.


Itulah sobat-sobat beberapa tips resep untuk menghilangkan kutu rambut. Buat yang kutuan silahkan di coba pilih salah satu cara di atas, semoga rambut kamu kembali bersih dari kutu.

Editor: Budi
Sumber : merdeka.com dan berbagai sumber

29 Komentar "11 Resep untuk membasmi kutu rambut beserta telornya"

  1. Sepertinya yang paling mudah pakai lemon tapi apakah sudah terbukti lemon bisa membasmi kutu rambut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya blm tau lah, soalnya saya gk pernah. Ya di coba saja siapa tau kutumu bisa hilang hahaha

      Hapus
    2. Lah, masih mikir nih buat nyoba takut jadi kelinci..

      Hapus
  2. It seems like the most good is the coconut oil, in addition to eliminating the fleas can also discolor the hair

    BalasHapus
  3. Waktu kecil kalo buat ngilangin kutu pakai serit mas.

    BalasHapus
  4. kalau saya dulu*waktu kecil* pakai sisir rambut mas, soalnya ketika sudah disisir rambut saya jadi rapi.heheheh.... tpi kok saya jadi buka kartu, hahahha.....

    BalasHapus
  5. Alhmd saya blum pernah sih cm makasih tips nya soalnya sepertinya pake jeruk bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sendiri sih gk tau mana yg bagus, sama..soalnya gk pernah juga

      Hapus
  6. Mandi pakai sampo aja juga bakal hilang ๐Ÿ˜ƒ

    BalasHapus


  7. Betul dari 10 diatas...Tapi yang bagus dibotakin lebih simple...kutunya datang lagi yang botakin lagi rambut..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    Kalau yang kutuan cewek apa harus dibotakin ...Iyalah terus pake rambut palsu..dijamin kutu nggak akan bilang I love lagi..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ

    BalasHapus
  8. Wow ternyata mayonnaise bisa buat ngilangin kutu rambut, kirain cuma buat mengolesi roti tawar....brarti kutunya nggak suka makanan luar nih :D

    BalasHapus
  9. Dulu waktu kecil tetangga saya kalo basmi kutu pakai autan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tetangga saya sih dulu pakai kukunya tetangga

      Hapus
    2. Aku pake sisir serit pas masih di asrama. Haha. Tpi pas dh kluar dh bersih lgi.
      Biasa, anak putri pasti kutuan. Anak cowok pasti... Kor*ngan hihi

      Hapus
    3. Oh...berarti temen2 cowk di asramamu ...?!?!?!

      Hapus
  10. Huahahaha bau bawang putih yg kagag nahan. Btw, sofel juga manjur loh bang hihi...

    Aku baru bisa BW . jd telat deh bacanya.
    Makasih. Aku share yah hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok, silahkan saja kalau mau di share.

      Akun bloggerku kan ada 2, jd kalo aku komentar pake profil ini, berarti kunbalnya di sini. Kalau aku pakai profil yg ngintip berarti kunbalnya ke blog yg satu. Soalnya, ke dua2nya blog saya update bergantian.

      Hapus
  11. Ngga nyangka ...., ternyata mouth wash mampu juga ngusir kutu.
    Mungkin para kutu ngga betah sama aroma wangi mentolnya yaa ๐Ÿค” ?

    BalasHapus
  12. cerita fasal kutu di sini, saya terus teringat apa yang berlaku 6 tahun lepas. saya dijangkiti kutu kerana rakan sebilik sewaktu kami berada di Bandung. saya rasa kawan itu dapat kutu sebab anaknya bersekolah di kindergarten. faham2 sahajalah anak2 kan mudah dihinggapi kutu. saya tak dapat bayangkan hampir seminggu saya membasmi kutu saya sehingga jadi phobia. Alhamdulillah, dan selepas itu saya kalau travel ke mana, saya pastikan saya tidak sebilik dengan ibu2 yang ada anak bersekolah hahahahahaha

    BalasHapus
  13. Aku baru tahu kalau ternyata banyak bahan sbg pembasmi kutu. Kukira hanya obat2 kayak yang diiklankan itu

    BalasHapus
  14. SHARE KE TEMEN YANG KUTUAN AAHHH HAHAHAHAHA

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya , silahkan berkomentar ,insya Allah saya akan berkunjung balik ke blog anda.